Siapa yang Tidak Menyukai Masakan Jepang? Bukan Saya!

Category:

japanese-food

Beberapa ratusan tahun lalu, sebelum budaya barat masuk, setiap negara memiliki tradisi sendiri. Sama seperti tradisi dibenua dan negara lain, negara Jepang juga dikenal dengan budaya dan makanan tradisional yang mereka miliki. Sebagai pencita makanan, chef, pemilik restoran tentunya sudah familiar dengan makanan jepang. Beberapa makanan jepang sangat terkenal seperti sushi, sashimi, tempura dan mie soba.

Ketika kita berbicara mengenai menghidangkan makanan, orang Jepang biasanya menyajikan makanan dalam sebuah cara yang kontras dengan kebanyakan orang dimana tempat saus, piring dan mangkuk diletakan di tengah-tengah meja. Di sisi lain, makanan Jepang disajikan dalam gaya yang sangat unik. Nasi diletakan dalam sebuah mangkuk kecil dan lauk disajakan di piring atau mangkuk terpisah.

Menurut tradisi Jepang, makanan yang berbeda tidak boleh bercampur satu sama lain, itulah sebabnya mengapa makanan jepang disajikan dalam piring yang terpisah. Sebagai contoh adalah dalam mempersiapkan tamagoyaki, dimana telur dan ikan dipisahkan dengan sangat hati-hati.

Makanan tradisional Jepang memiliki karakter sangat sedikit menggunakan bahan daging, minyak, lemak dan produk susu. Makanan Jepang biasanya dihidangkan dengan kecap yang mengandung banyak garam mineral. Orang Jepang tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging, hal ini dikarenakan pulau jepang diberkati dengan persediaan makanan laut yang melimpah. Bahan utama makanan Jepang adalah biji-bijian, sayuran dan rumput laut atau yang biasa mereka sebut nori. Sangat jarang kita dapat menjumpai daging merah dalam makanan Jepang. Ketika mempersiapkan makanan Jepang, sangat jarang atau sedikit dijumpai makanan dengan kandungan lemak dan makanan Jepang biasanya dibumbui dengan kecap, sake, mirin, cuka, gula dan garam.

Bumbu, rempah dan daun juga sangat sering digunakan dalam makanan Jepang dan sebagian besar digunakan untuk menghilangkan rasa amis dan mentah dari daging ikan. Selain itu, salad juga sering disajikan dalam menu makanan Jepang. Orang Jepang menggunakan metode memasak makanan yang berbeda, diantaranya memanggang, merebus, mengukus dan menggoreng, dan beberapa bahan makanan dimasak dalam keadaan mentah. Sangat penting untuk diingat bahwa Orang Jepang sangat memperhatikan metode dalam mempersiapkan makanan, setiap makanan memiliki cara khusus untuk membuatnya.

Untuk semua orang yang belum pernah mencicipi masakan Jepang, Anda sebaiknya mengunjungi restoran masakan Jepang terdekat. Namun bagaimana apabila Anda ingin membuat pesta atau sebuah acara dan ingin menyajikan menu makanan jepang, sebaiknya mencari penyedia jasa catering yang dapat menghidangkan menu Japanese food. Namun sepertinya cukup sulit untuk menemukannya di Jakarta, bukan?

Indonesia Catering adalah salah satu dari sedikit perusahaan catering yang dapat menghidangkan menu catering masakan Jepang di Jakarta. Untuk masalah rasa, tidak perlu diragukan lagi, Anda akan mendapatkan makanan Jepang bercita rasa asli dan original namun tetap masuk untuk lidah orang Indonesia.