Cara Memanggang Steak Dengan Sempurna

Category:

Steak

Apakah Anda sangat suka untuk makan steak dan bbq? Tidakah Anda lebih suka apabila Anda makan steak buatan Anda sendiri? Mungkin hal ini juga yang menjadi alasan utama mengapa Anda memberi panggangan sendiri, hanya untuk membuktikan bahwa steak buatan Anda dan steak yang Anda makan di restoran memiliki rasa yang sangat berbeda. Memanggang steak mungkin terdengar mudah tetapi memanggannya dengan sempurna bukanlah hal yang mudah!

Jika Anda tahu cara dan langkah-langkah untuk memanggang steak dengan benar, maka Anda akan membuat steak dalam waktu yang sangat singkat. Jadi tanpa basa-basi lagi mari kita siapkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Lalu saya akan mengajarkan Anda langkah-langkah dalam memanggang steak.

Bahan yang dibutuhkan

200 gr Daging Sapi dengan ketebalan 3 cm – 4 cm (Sirloin / Tenderloin / Ribeye)

Olive Oil

Garam dan Lada / Merica

Langkah-langkah memasak steak

1. Menyiapkan potongan daging yang tebal

Daging haruslah tebal karena hal ini membuat steak yang Anda masak akan cokelat garing pada bagian luar dan bewarna merah muda lembut pada bagian dalam. Jika daging Anda tipis, maka ada kemungkinan steak Anda akan terlalu matang. Jadi ingatlah, semakin tebal potongan daging, semakin baik.

2. Bumbui Potongan daging dengan garam dan lada setidaknya 40 menit sebelum Anda mulai memanggang.

Jangan bumbui daging sesaat sebelum Anda akan memanggangnya, terutama garam, karena garam akan menyerap kandungan air yang terkandung dalam daging. Artinya, jika Anda melumuri daging dengan garam tepat sebelum memasak, akan menyebabkan daging steak Anda kurang juicy.

3. Jangan panggang daging saat baru dikeluarkan dari kulkas.

Mungkin kita membumbui daging kita semalaman dan menyimpannya didalam lemari es, sebaiknya jangan panggang daging langsung setelah dikeluarkan dari kulkas. Berilah waktu beberapa menit didalam suhu kamar sehingga Anda dapat memasaknya dengan lebih tepat. Jika Anda memasaknya langsung setelah dikeluarkan dari kulkas, ada kemungkinan daging steak tidak matang.

4. Memanggang menggunakan kayu bakar.

Memanggang menggunakan kayu bakar akan memberikan aroma harum asap pada daging steak Anda. Anda masih dapat menggunakan gas atau batu bara namun tidak begitu meninggalkan aroma asap yang harum. Memanggang menggunakan kayu bakar akan mengeluarkan rasa terbaik dalam steak Anda.

5. Mulai memanggang steak.

Kita akan mulai memasak steak dengan menggunakan panas tidak langsung, jadi pastikan daging diletakan pada bagian ujung panggangan Anda, bagian yang tidak terlalu panas. Hal ini membuat Anda dapat memasak steak lebih lama dan menghasilkan kulit yang sangat garing, namun tetap juicy pada bagian dalamnya.

6. Sering membalikan steak.

Saat memasak pada api kecil, baliklah daging steak Anda menggunakan spatula atau penjepit. Hal ini akan membantu Anda memasak steak secara merata. Jangan menggunakan alat tajam seperti garpu, karena hal ini akan melubangi daging dan mengeluarkan cairan yang terdapat dalam daging.

7. Gunakan thermometer.

Jika Anda pertama kali memasak steak, tidak ada salahnya untuk menggunakan thermometer. Gunakan thermometer untuk memberitahu waktu Anda memasak. Namun apabila Anda telah sering memasak steak, Anda dapat menggunakan jari Anda untuk mengetahui suhu, tetapi berhati-hati untuk tidak melukai dan membakar jari Anda sendiri. Sebagai panduan, berikut adalah suhu yang menggambarkan tingkat kematangan steak Anda.

  • 50 Celcius = Rare
  • 55 Celcius = Medium rare
  • 60 Celcius = Medium
  • 65 Ceclius = Medium well
  • 70 Celcius = Well done

8. Tiriskan daging steak Anda.

Setelah anda meng-grill steak Anda, tiriskan sejenak dan jangan langsung dipotong. Karena apabila Anda langsung memotongnya akan membuat daging steak Anda kurang juicy dan lezat. Selamat menikmati steak buatan Anda sendiri, sajikan dengan kentang goreng, salad dan juga jagung rebus akan membuat steak Anda lebih lezat.

Apabila Anda tidak memiliki panggangan namun ingin membuat steak dan pesta bbq bersama teman-teman atau keluarga Anda, segera hubungi Indonesia Catering untuk menyediakan catering steak dan BBQ, membuat Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan daging terbaik, membumbui daging dan juga untuk memanggang daging. Tim dan petugas catering dari kami yang akan melakukannya untuk Anda.