Bagaimana Cara Memulai Bisnis Catering

Category:

Dalam beberapa dekade terakhir, industri catering telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dan menjadi menjadi salah satu bisnis yang dapat terus bertumbuh dan berkembang. Jika Anda ingin memulai usaha catering, berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat bermanfaat bagi Anda.

Usaha bisnis catering sangat cocok untuk orang yang memiliki minat dalam memasak dan merencanakan sebuah acara. Sebagai penyedia layanan catering; Anda bertanggung jawab dalam merencanakan menu yang harus dihidangkan dan tentunya menyediakan semua jenis makanan, mulai dari makanan penutup, makanan pembuka, minuman, untuk berbagai jenis acara, pesta, seminar, resepsi pernikahan, dan berbagai pertemuan lainnya. Dengan kata lain, Anda akan menjadi penyedia dari semua jenis makanan untuk para tamu. Memulai bisnis katering di rumah merupakan pilihan yang sangat bagus apabila Anda tidak memiliki anggaran yang besar untuk menyewa kantor, dapur dan staf khusus.

Usaha Bisnis Catering

Penyedia layanan catering adalah orang yang ahli dalam menentukan set menu makanan yang sesuai untuk dihidangkan di sebuah acara. Penyedia layanan catering sangat diharapkan untuk dapat menyajikan makanan yang lezat untuk berbagai jenis acara dan kegiatan.

Untuk memulai sebuah bisnis catering, Anda harus membuat business plan yang matang. Anda harus kreatif dan memiliki pemahaman yang baing tentang berbagai jenis makanan dan masakan. Anda juga dapat membuat hidangan khusus dari resep Anda sendiri untuk ditawarkan kepada pelanggan Anda. Namun hal ini sebaiknya dilakukan setelah Anda memiliki nama dan reputasi yang baik. Selain itu tentunya kerja keras juga merupakan faktor yang penting agar dapat membuat bisnis Anda menjadi produktif.

Memulai Usaha Catering

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menguraikan rencana bisnis yang telah Anda buat. Tentunya hal paling pertama harus dipikirkan adalah bagaimana Anda mendanai dan membiayai bisnis catering ini. Setelah itu Anda harus membuat dan mengatur organisasi bisnis Anda. Lalu setelah itu Anda harus mengurus sertifikasi kesehatan dari petugas yang berwenang.
  2. Anda perlu menentukan semua makanan dan pelayanan yang akan Anda sediakan. Setelah itu Anda harus membeli peralatan catering dan peralatan memasak yang dibutuhkan. Anda juga harus memikirkan kendaraan dan transportasi untuk mengantar makanan ke tempat pelanggan.
  3. Apabila Anda tidak memiliki latar belakang dan pengalaman di dunia memasak, Anda dapat mengikuti kursus memasak ataupun mencari dan mempekerjakan juru masak.
  4. Menentukan biaya dan harga catering Anda, Anda dapat melakukan penelitian kecil atau survey untuk menentukan harga yang sesuai dengan target market pengguna jasa layanan catering Anda.
  5. Anda perlu memasarkan bisnis Anda. Anda dapat memasang iklan di koran lokal atau di stasiun radio. Anda juga sebaiknya membuat website agar orang lebih mudah mendapatkan informasi mengenai layanan catering Anda. Jangan lupa untuk aktif di social media seperti facebook, twitter dan instagram untuk mendapatkan pelanggan. Anda juga dapat mengikuti pameran dan exhibition untuk memasarkan bisnis Anda secara langsung. Tetapi hal ini sebaiknya tidak dilakukan di awal Anda memulai bisnis, karena biasanya biaya untuk mengikuti pameran cukup besar.

Bisnis usaha catering sangatlah menjanjikan, memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang besar dan tidak terbatas, tetapi satu hal yang harus Anda ingat bahwa sebuah perencanaan yang baik dan kerja keras sangatlah dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda mencapai kesuksesan.